LAMANDO

Masyarakatnya  yg begitu ramah, bersih, rapih, indah halamanya, adat istiadat dan budayanya yang begitu kental yang tak terkikis oleh zaman.
Rongi, desa sandang pangan yang berada di kabupaten Buton selatan menurut saya adalah satu satunya desa yang menjadi ikon wisata Buton selatan. Desa ini menarik untuk dikunjungi, banyak hal yang dapat kita temukan di desa ini, mulai dari peninggalan budayanya yang masih terjaga hingga saat ini, dan juga alamnya yg begitu ASRI.

Ketika datang ketempat ini, pengalaman pertama yang kita temukan adalah pesona pegunungannya yang indah, banyak orng datang berkunjung, bahkan menjadi tempat traveling bagi wisatawan lokal maupun asing, mendirikan kemah kemah kecil, menikmati keindahan alam pegunungan semalaman suntuk di tempat ini, bahkan menjadikan lokasi shooting para youtuber dan baground foto prewedding pernikahan.



Masyarakat setempat menyebutnya BUKIT LAMANDO, tanahnya berkapur, hanya ditumbuhi padang ilalang tersebar dideretan perbukitan, berada pada ketinggian kurang lebih 600 M dari permukaan air laut.  ketika  berada dipuncak,  kita dapat menyaksikan keindahan teluk sampolawa, jejeran rumah rumah penduduk yg begitu tertata rapi dan kita jg dapat melihat dengan jelas puncak gunung Kabaena bila  cuaca cerah dan bersahabat.



 

Suatu karunia dari yang KUASA yang menciptakan alam yang begitu indah, hingga bukit lamando masuk dalam jejeran perbukitan dataran tinggi, nominasi kedua tingkat nasional dalam ANUGERAH PARIWISATA INDONESIA tahun 2020.
suatu kebanggaan bagi kita semua, pemerintah Buton selatan pada umumnya dan Rongi, Desa Sandang Pangan pada khususnya.



Ilham zamani

Komentar